Currently Viewing

mintalah maka akan diberikan


Mat 7:7
Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu

Inilah perkataan Yesus sendiri yang kupegang untuk se umur hidupku, seperti cerita pengalamanku sebelumnya artikel [ Bagaimana saya mengenal Yesus ]
Pada suatu malam saat saya sedang berdoa saya menemukan ayat ini, dan sungguh membuka pikiranku akan kemurahan Tuhan :
urutan dan tiga kalimat tersebut membawa makna yang sangat dalam.
Penjelasan tiga kalimat ini :
urutan pertama di ayat tersebut mintalah maka akan diberikan padamu
memang ketika kita menginginkan sesuatu kita haruslah meminta baik kepada orang tua, saudara, pasangan hidup, teman dan tentunya juga kepada Tuhan. Dengan melalui berdoa kita berbicara dengan-Nya, memohon ampun dan menyatakan permintaan kita kemudian bersyukur atas anugerah yang telah diberikan.

urutan kedua carilah maka kamu akan mendapatkan
sebenarnya sebelum anda meminta Tuhan sudah tahu apa yang anda butuhkan hanya saja bagaimanapun kita memerlukan pengakuan kita percaya kepada-Nya melalui mulut dan perbuatan kita sendiri. oleh sebab itu pernyataan kedua adalah carilah, artinya setelah kita meminta/berdoa kita tidak boleh PASIF. kita harus berusaha, kita mencari jalan. Dengan demikian kita telah menjalankan apa yang telah Ia kehendaki. dengan demikian kita akan mendapatkan baik secara langsung ataupun melalui orang lain sebagai perantara-Nya.
Setelah anda mendapatkan apakah sudah? menurut anda bagaimana?
kita pada umumnya setelah mendapatkan apa yang kita inginkan pastilah bersyukur, namun apakah itu cukup?
ternyata dalam perkataan Yesus ada 1 lagi yaitu ketoklah maka kamu akan dibukakan

Yang ketiga :
Ketoklah maka pintu akan dibukankan padamu, memiliki arti yang banyak.
secara teori :
sebuah lokasi/tempat/rumah/ruangan bisa kita masuki/lewati melalui sebuah gerbang ataupun sebuah pintu.
dan tentunya tidak dapat kita buka sendiri selain yang empunya.
So, lalu apa hubungannya dengan pernyataan kalimat sebelumnya?
ada ide?
Jika kita tidak mengaitkannya dengan alkitab maka kita akan berhenti dengan hal-hal duniawi, seperti permintaan, pencarian dan ketukan. Ternyata ada yang tersirat dalam pernyataan Yesus.
Mari kita kaitkan dengan alkitab [ maksud KEROHANIAN ] :

MINTA

Mat 6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.
Mat 21:22 Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

Mrk 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Luk 11:11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?
Luk 11:12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

Yoh 11:22 Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya.”
Yoh 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Jadi mintalah sesuatu dalam nama-Nya, dan ingat :

Walaupun sangat jelas  seperti ayat yoh 14:13, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Namun tetap
Dari ayat ini kita menemukan bahwa kunci dari “semua” doa adalah — meminta sesuai dengan kehendak Allah — seperti yang ditunjukkan oleh Yesus dalam doa-Nya kepada Bapa d
alam Injil Lukas 22:42 demikian:

” … tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.”


Misalkan seorang anak minta mobil kepada ayahnya karena memikirkan banyak hal seperti keamanan, bisa mengajak teman yang sejalan ikut sehingga meringankan biaya teman, bisa membawa keluarga jalan-jalan, dan jika suatu saat ada yang sakit bisa dibawa menggunakan mobil, dan seorang lain meminta motor kepada ayahnya karena dia melihat teman punya dia tidak punya, dia ingin motor yang lebih bagus supaya lebih di hargai.
Menurut anda pribadi jika sebagai seorang ayah yang manakah yang akan anda kabulkan dahulu permintaan anak tersebut [ anggap uang tidak masalah ] ..

CARI

Mat 3:2  “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”
Mat 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Mat 7:7 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
Luk 11:9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
Luk 12:31 Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu.

Tanpa anda memintapun Tuhan Allah telah mengetahuinya, oleh sebab itu carilah Kerajaan-Nya terlebih dahulu, dan semuanya akan ditambahkan kepadamu.
Bacalah Mat 13:24 tentang maksud kerajaan Sorga / Allah.

KETOK
Mat 7:13 Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;
Luk 13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.
Yoh 10:1 “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;
Yoh 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Luk 13:25 Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang.
Why 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

“ketoklah” disini memiliki 2 sisi / bolak balik, kita bisa sebagai pemilik rumah dan membukakan pintu jika ada yang mengetok ataukah kita tamu yang di undang dan pemiliknya membukakan pintu untuk kita masuk.
jika kita merasa ingin diselamatkan ketoklah pintu Tuhan dan masuklah ke dalamnya.
atau
Anda telah diketok oleh Yesus, maka cobalah membuka pintu untuk Dia masuk.

Inti dari permintaan , mencari, ketok adalah pada hakekatnya dapatkan Kerajaan Allah terlebih dahulu

July 2010

Admin


mintalah maka akan diberikan sudah dilihat 118119 kali